ANALISIS PERKEMBANGAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) DENGAN MENGGUNAKAN TREND ANALISIS PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) KANTOR CABANG CIMAHI

Darmazakti Natajaya Tirtamahya, Adam Adiwiguna

Abstract


Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah suatu fasilitas yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah. KPR ini dikeluarkan oleh pemerintah melalui bank BTN untuk melayani atau memberikan fasilitas yang dibutuhkan pada saat sekarang ini dan juga untuk mempermudah masyarakat mempunyai rumah yang layak untuk dijadikan tempat tinggal yang nyaman. Namun seiring perkembangan jaman dan kebutuhan masyarakat ingin memiliki rumah semakin meningkat, maka bank BTN mengalami penurunan dalam perkembangan KPRnya.
Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Perkembangan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan Menggunakan Trend Analisis pada bank BTN Cabang Cimahi. Desain penelitian dalam penulisan ini menggunakan metode deskriptif. Dalam operasional variabel penulis menggunakan satu variabel yaitu variabel bebas.
Perkembangan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada bank BTN mengalami fluktuasi. Namun pada tahun 2008-2009 perkembangan KPR pada bank BTN sangatlah tidak baik, karena cenderung menurun setiap bulannya. Hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan bank BTN, karena bisa mengalami kebangkrutan. Terjadinya hal tersebut dikarenakan kurangnya antisipasi dari pihak bank sendiri, adanya kondisi lokasi pembangunan rumah yang bermacam-macam yang tidak sesuai dengan keinginan nasabah yang menyebabkan kurangnya peminat dari nasabah/masyarakat. Selain itu juga karena adanya faktor persaingan antar bank pemerintah maupun swasta yang pada saat itu juga mengeluarkan produk-produk KPRnya.
Kesimpulan dari masalah ini adalah tingkat perkembangan KPR 2008-2009 dengan menggunakan trend analisis cenderung menurun.
Kata kunci : Kredit Pemilikan Rumah (KPR)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.