INVESTASI JANGKA PANJANG PADA PT. ASURANSI JIWA MEGA LIFE BOGOR

Isniar Budiarti, Jamal Rizkia Agung

Abstract


Asuransi merupakan salah satu solusi yang dapat di ambil untuk melakukan investasi. PT. Asuransi Jiwa Mega Life Bogor merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang investasi. Produk yang ditawarkan adalah investasi jangka panjang. Memiliki investasi jangka panjang untuk masa depan merupakan harapan semua orang. Dengan memilikinya, orang tidak perlu khawatir akan kekurangan dana jika terjadi sesuatu yang tak terduga.
Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penyimpanan investasi jangka panjang pada PT. Asuransi Jiwa Mega Life Bogor.
Metode yang digunakan oleh penulis ialah metode deskriptif dalam menyusun laporan Tugas Akhir ini yaitu salah satu metode penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mengolah data, serta menganalisa data berdasarkan teori-teori yang ada sehingga akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan. Sementara teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan yaitu berupa observasi wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa terdapat dua proses dari penyimpanan investasi jangka panjang yaitu investasi langsung dan tidak langsung. Investasi langsung adalah investasi yang dilakukan dengan cara membeli aktiva keuangan yang dapat diperjual-belikan di pasar uang, pasar modal contohnya T-bill dan Deposito yang dapat dinegosiasi. Dalam investasi langsung hal yang menjadi objek dalam investasi merupakan sesuatu yang dapat dilihat secara langsung. Sedangkan investasi tidak langsung adalah investasi yang dilakukan dengan cara membeli aktiva keuangan yang tidak dapat diperjual-belikan di pasar uang ataupun pasar modal, ini berbeda dengan investasi langsung yang aktivanya dapat diperjual-belikan. Contoh dari investasi tidak langsung adalah deposito dan tabungan. Investasi langsung memiliki objek investasi berupa sesuatu yang tidak dapat dilihat oleh kasat mata atau sesuatu yang tidak dapat ditebak kapan terjadinya seperti sakit dan meninggal.
Kata Kunci : Penyimpanan Investasi Jangka Panjang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.