ANALISIS VARIANSI ANTARA ANGGARAN PEMBERIAN KREDIT DAN REALISASI PEMBERIAN KREDIT PADA KOPERASI PEGAWAI RSUD SOREANG

Kartono kartono

Abstract


Koperasi didalam memberikan kredit, untuk mencapai tujuan yang diinginkan diperlukan adanya perencanaan yang matang terhadap sumber daya yang tersedia agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Dengan adanya kondisi tersebut diperlukan adanya suatu perangkat yang dapat membantu untuk melaksanakan tujuannya. Salah satunya adalah dengan anggaran, karena anggaran dapat berfungsi sekaligus menyusun perencanaan dengan baik sehingga kegiatan pun akan berjalan dengan semestinya (pelaksanaan yang nyata) atau yang biasa disebut dengan realisasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang anggaran pemberian kredit dan realisasi pemberian kredit dari tahun 2004-2009, karena jika melihat dari hasil anggaran pemberian kredit dan realisasi pemberian kredit dapat menunjukkan bagaimana tingkat perbandingannya apakah dari tahun ke tahun ada peningkatan atau sebaliknya. Sehingga perkembangan anggaran dan realisasi pemberian kredit dapat dianalisa setiap tahunnya
Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggaran dan realisasi pemberian kredit pada Koperasi Pegawai RI RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu merupakan metode yang mencoba menggambarkan atau melukiskan suatu subjek atau objek penelitian dengan menggunakan variabel angka.
Berdasarkan hasil penelitian, besarnya Anggaran pemberian kredit dan Realisasi pemberian kredit pada umumnya dari tahun 2004 sampai dengan 2009 mengalami peningkatan karena besar pemberian kredit yang berbeda tiap tahunnya. Denganm menggunakan Analisis Variansi antara Anggaran dan Realisasi pemberian kredit dari tahun 2004 sampai dengan 2009 penyimpangan yang terjadi lebih cenderung ke unfavorable, tetapi pada tahun 2009 mengalami peningkatan kinerja atau favorable.
Kata kunci : Anggaran dan realisasi pemberian kredit


Refbacks

  • There are currently no refbacks.