ANALISIS KINERJA KEUANGAN BERDASARKAN RASIO LEVERAGE PADA PRIMER KOPERASI UNIT DESA (KUD) PUSPA MEKAR KAB. BANDUNG

Trustorini Handayani, Dian Purnama

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan pada Primer Koperasi KUD Puspa Mekar Kabupaten Bandung berdasarkan rasio leverage serta perkembangannya pada periode 2010-2014. Didalam menghitung Leverage dibutuhkan neraca laporan keuangan yang menunjukkan total aktiva, utang dan modal.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Yaitu metode yang menggambarkan objek penelitian berdasarkan pengumpulan dan pengolahan data secara fakta yang relevan, kemudian disusun secara sistematis berdasarkan teori yang ada dan seterusnya ditarik kesimpulan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan, dimana penelitian dilakukan melalui wawancara dan observasi, yang selanjutnya dilakukan penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, adanya kenaikan dan penurunan tingkat DAR dan DER pada tahun 2010-2014. Terlihat adanya penurunan pada tahun 2012 pada perhitungan Debt to Asset Ratio (DAR) sebesar (-7,17%) dan Debt to Equity Ratio (DER) sebesar (-15,46%) dan pada tahun 2013 pada perhitungan Debt to Asset Ratio (DAR) sebesar (-17,78%) dan Debt to Equity Ratio sebesar (-32,05%). Penurunan tersebut terjadi dikarenakan adanya simpanan berjangka yang sudah jatuh tempo, hutang koperasi pada tahun tersebut telah menurun, pinjaman dari pihak ketiga sudah berkurang dan terjadi biaya perubahan AD/ART ke notaris.
Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Rasio Leverage


Refbacks

  • There are currently no refbacks.