ANALISIS KINERJA REKSADANA PASAR UANG DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebijakan Bank Indonesia yang menerbitkan acuan suku bunga dengan nama BI 7 Day Repo Rate. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja reksadana pasar uang aerta faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dari reksadana pasar uang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan menggunakan data panel. Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Sumber data primer dipergunakan untuk mengkonfirmasi dari hasil analisis data sekunder. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kinerja rata-rata reksadana pasar uang Indonesia adalah 3.14%. Ada pengaruh negative dari faktor BI 7 Day Repo Rate dan tingkat inflasi terhadap kinerja reksadana pasar uang di Indonesia baik secara parsial maupun simultan. Hal ini berarti setiap terjadi kenaikan BI 7 Day Repo Rate dan tingkat inflasi akan menyebabkan penurunan kinerja reksadana pasar uang di Indonesia.

Author Biography

Suryanto Suryanto, Universitas Padjadjaran

Suryanto is Associate Professor of Business Administration at Universitas Padjadjaran, Indonesia, where he has taught since 1999. Research focus on issues related to corporate finance and public, banking, taxation, and entrepreneurship. He has published several articles and books relating to finance, taxation and entrepreneurship. He received his doctorate from Universitas Padjadjaran.

Published
2020-12-22
How to Cite
Suryanto, S., & Asri, A. (2020). ANALISIS KINERJA REKSADANA PASAR UANG DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA), 10(1), 1-16. https://doi.org/10.34010/jika.v10i1.3221
Section
Articles