Abstract

Risiko kredit merupakan salah satu bagian risiko dalam risiko keuangan selain risiko pasar.Kapitalisasi adalah modal yang digunakan sebagai ukuran potensi bank dalam menyerap kerugian, Profitabilitas adalah kemempuan perusahaan memperoleh laba dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva maupun modal sendiri.
Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Risiko Kredit dan Kapitalisasi Terhadap Profitabilitassecara parsial pada bank umum konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Objek penelitian ini adalah risiko kredit, kapitalisasi dan profitabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahun 2012-2016 dari bank umum konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu sebanyak 6 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 6bank umum konvensionaldengan keseluruhan data yaitu 30 data. Teknik pengujian statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi pearson, uji koefisien determinasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan program aplikasi SPSS 16.0 for windows sebagai alat bantu analisis.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa risiko kredit, kapitalisasi dan profitabilitas mengalami fluktuasi tiap tahunnya. Selanjutnya hasil analisis statistik membuktikan bahwa secara parsialrisiko kredit dan kapitalisasi berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas.
Kata kunci :Risiko Kredit, Kapitalisasi, Proftiabilita