Comparative Evaluation of Portfolio Performance: A Study of Cryptocurrency, Stock, and Foreign Exchange Investments

  • Pebri Yanida* Universitas Widyatama
  • Leni Nur Pratiwi Universitas Widyatama
  • Wahyu Panji Nugrahani Universitas Widyatama

Abstract

This study aims to provide information about the level of risk, return, and investment performance of cryptocurrency and also compare it with traditional investment instruments such as stocks and dollars. The population in this study is the monthly closing price of Bitcoin, JCI, and Dollar. The sample in this study is the monthly closing price of Bitcoin, JCI, and Dollar in the period January 2020 to December 2022, each of which is 36 data so the number of observations made is 108 data. The analysis technique used in this research is a comparative analysis using the Kruskal Wallis test method using the SPSS 25 analysis tool. The results of this study found that there were significant differences between the performance of Bitcoin, JCI, and Dollar stocks using the Sharpe, Treynor, and Jensen methods.

Keywords: Cryptocurrency; Portfolio Performance; Finance, Risk Measurement; Sharpe, Treynor, and Jensen Methods

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan menyediakan informasi mengenai tingkat risiko, return, dan kinerja investasi cryptocurrency dan juga membandingkannya dengan instrument investasi tradisional seperti saham dan dollar. Populasi pada penelitian ini adalah harga penutupan bulanan (monthly closing price) Bitcoin, IHSG dan Dollar. Sampel pada penelitian ini adalah harga penutupan bulanan (monthly closing price) Bitcoin, IHSG dan Dollar pada periode Januari 2020 hingga Desember 2022, masing-masing sebanyak 36 data sehingga jumlah observasi yang dilakukan adalah sebanyak 108 data. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis komparatif dengan metode uji Kruskal Wallis menggunakan tool analisis SPSS 25. Hasil penelitian ini menemukan terdapat perbedaan signifikan antara kinerja Bitcoin, Saham IHSG dan Dollar menggunkan metode Sharpe, Treynor dan Jensen. Cryptocurrency tidak hanya merupakan mata uang digital, tetapi dapat menjadi pilihan investasi yang sangat menguntungkan, namun karena risiko yang mungkin dihasilkan juga fluktuatif, maka calon investor harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai instrument ini.

Kata Kunci: Kriptokurensi; Kinerja Portofolio; Keuangan, Pengukuran Risiko; Metode Sharpe, Treynor, dan Jensen

Published
2023-12-29
How to Cite
Yanida*, P., Pratiwi, L., & Nugrahani, W. (2023). Comparative Evaluation of Portfolio Performance: A Study of Cryptocurrency, Stock, and Foreign Exchange Investments. Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA), 13(1), 45-62. https://doi.org/10.34010/jika.v13i1.10314
Section
Articles