Analisis Kesalahan Mahasiswa Tingkat Tiga Dalam Penggunaan Tsuzuku dan Tsudzukeru
DOI:
https://doi.org/10.34010/js.v6i2.577Abstract
Penelitian ini menguraikan hasil analisis kesalahan mahasiswa tingkat tiga Universitas Komputer Indonesia tahun akademik 2016/2017 tentang penggunaan fukugou doushi ~tsuzuku dan ~tsuzukeru yang bermakna “terusâ€. Yang mana hal ini menjadi kesulitan tersendiri bagi pembelajar bahasa Jepang dalam memahami perbedaan mendasar tentang fukugou doushi ~tsuzuku dan ~tsuzukeru. Dengan jumlah responden sebanyak 20 mahasiswa. Penelitian ini difokuskan pada penggunaan fukugou doushi ~tsuzuku dan ~tsuzukeru. Fukugou doushi ~tsuzukeru yang terdiri dari 4 jenis pembentukan, yakni jizoku katei no dousa dekigoto, douji, shuuryou, dan kaishi no kyokumen. Kemudian hal yang juga dibahas dalam penelitian ini adalah jenis kesalahan dalam penggunaan fukugou doushi ~tsuzuku dan ~tsuzukeru, dan penyebab kesalahan penggunaan fukugou doushi tersebut dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis kesalahan yang dianalisis adalah kesalahan yang bersifat error dengan klasifikasi penyebab kesalahan, seperti over-generalization, ignorance of rule restrictions, incomplete application of rules, dan false concepts hypothesized.Downloads
Published
2017-11-30
Issue
Section
Articles
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)