Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis pertanyaan, strategi pertanyaan dan bagaimana respon pembelajar terhadap pertanyaan pengajar dalam kelas bahasa Jepang. Partisipan adalah satu orang pengajar bahasa Jepang penutur asli dan 16 mahasiswa asing pascasarjana di salah satu universitas negeri Jepang yang mengikuti pembelajaran partisipan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis pertanyaan yang paling banyak digunakan adalah pertanyaan iya/tidak sebanyak 59,51%, diikuti dengan jenis pertanyaan referensial sebanyak 27,03%, dan terakhir jenis pertanyaan display sebanyak 13,45%. Terdapat lima strategi yang digunakan yaitu penggantian kata, penyederhaan, pengulangan, penguraian, dan penggalian. Jenis pertanyaan iya/tidak dan pertanyaan display paling mudah mendapatkan jawaban. Sedangkan pertanyaan referensial merupakan pertanyaan yang cukup sulit mendapatkan jawaban terutama jika pertanyaan ditujukan kepada seluruh pembelajar. Namun penunjukkan perorangan akan lebih mudah mendapatkan jawaban. Pertanyaan referensial merupakan pertanyaan yang cukup sulit, sehingga untuk penelitian berikutnya perlu untuk menghitung berapa durasi waktu yang diperlukan pembelajar untuk menjawab pertanyaan terutama untuk pertanyaan referensial.