Penggunaan Keigo Mahasiswa Peserta Internship ke Jepang (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang UNNES)
DOI:
https://doi.org/10.34010/js.v13i1.12664Abstract
Program Internship ke Jepang adalah program magang ke Jepang bagi khususnya para mahasiswa Bahasa Jepang untuk berkesempatan bekerja di Jepang. Dalam program ini mereka dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan penutur asli orang Jepang. Dan dalam bidang pekerjaannya, kadang kala menggunakan ragam Bahasa hormat di tempat kerja internship. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan keigo mahasiswa peserta program internship Bahasa Jepang khususnya mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan angket terbka kepada total 18 mahasiswa diantaranya Angkatan, 2013, 2014, 2015 dan 2016. Angket tersebut berisi tentang situasi yang harus di jawab responden di tempat kerja khususnya di Golf dan restoran. Adapun hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat total 267 data dengan temuan penggunaan sonkeigo sebanyak 68 data, kenjougo 1 sebanyak 24 data, kenjougo II sebanyak 38 data, teineigo sebanyak 127 data dan bikago sebanyak 9 data. Penelitian ini hanya memfokuskan pada penggunaan keigo mahasiswa terhadap customer atau tamu, sehingga hubungan uchi dan soto sering terlihat dan mahasiswa banyak menggunakan ragam teineigo dan sonkeigo. Hal ini untuk menunjukkan jarak antara pekerja golf dan restoran (soto) dengan pelanggan atau customer (soto).
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)