Vol. 5 No. 2 (2024): Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE)
Articles

PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI USAHA KREATIF (SIARIF) DALAM MENDORONG WIRAUSAHA PADA UKM KULINER

Sri Dewi Anggadini
Universitas Komputer Indonesia

Published 2024-11-30

Keywords

  • Usaha Kreatif,
  • Kuliner,
  • Kemandirian Ekonomi,
  • Pemasaran,
  • Manajemen

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi oleh masyarakat Desa Cidahu di Kecamatan Pasawahan berupa keterbatasan infrastruktur pendukung aktivitas ekonomi, ketergantungan pada sektor pertanian dengan lahan yang terus menyempit dan minimnya diversifkasi produk yg dihasilkan di desa diperburuk pula oleh kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam usaha, kesulitan akses permodalan, dan tantangan dalam memasarkan produk secara efektif. Program ini bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan kemandirian ekonomi dan efsiensi usaha masyarakat desa. Tujuan utama dari program ini adalah meningkatkan motivasi dan pengetahuan para pekerja produktif untuk dapat berusaha dan peningkatan pengelolaan Industri Rumah Tangga (IRT) melalui penerapan aplikasi Smart Asset dan platform e-commerce desa. Program ini juga bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada generasi muda agar menjadi pengusaha yang mandiri dan berhasil, serta mengembangkan model E-Comdes sebagai sarana pengembangan usaha. Dengan demikian, diharapkan terjadi peningkatan minat, motivasi dan kemampuan generasi muda dalam berwirausaha yang berdampak pada peningkatan ekonomi desa secara keseluruhan. Hasil dari program ini diharapkan dapat menunjukkan peningkatan signifkan dalam berbagai aspek usaha desa. Penerapan aplikasi SIARIF dan platform e-commerce telah membantu pelaku usaha kuliner dalam mengelola produksi, keuangan, dan pemasaran dengan lebih efsien. Selain itu, aplikasi web informasi wisata dan industri kreatif telah memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya tarik produk lokal yang ada. Program ini juga diharapkan akan dapat berhasil meningkatkan minat generasi muda untuk berwirausaha dan menciptakan jaringan pemasaran yang lebih luas dan terkoordinasi bagi pelaku usaha sehingga mendukung keberlanjutan usaha dan pertumbuhan ekonomi desa secara keseluruhan.