Abstract

Persaingan perusahaan angkutan udara semakin meningkat maka untuk meraih konsumen diperlukan pemahaman apa yang diharapkan mereka dalam pelayanan karena tarif bukan lagi sebagai tolok ukur dalam merebut pasar namun kualitas pelayanan perusahaan yang akan membuat mereka loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menggali faktor yang penting dalam memenuhi kepuasan konsumen dengan pendekatan konsep Servqual. Sejumlah 250 kuesioner disebarkan kepada para penumpang, hanya 90 % yang bisa diolah. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa kepuasan penumpang merupakan kombinasi linier dari faktor berikut.


KP = -1,310 + 0,528F1 + 0,166F2 + 0,221F3   + 0,190F4+ 0,190F5


Dengan nilai R (koefisien korelasi) sebesar   0,947 dan R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,897 hal ini berarti model yang terbentuk mampu menjelaskan keterkaitan yang kuat antara variabel dependen (Kepuasan Penumpang) dengan variabel independen (Dimensi kualitas layanan) Dari Tabel ANOVA diperoleh nilai F hitung sebesar 292,904 dengan tingkat signifikansi di bawah 0,005 berarti variabel independen secara keseluruhan sudah signifikan. Dimana F1(Keselamatan dan Keamanan), F4 (Empati), F2 (Aksesibilitas), F5 (Kenyamanan dan Kesenangan) dan F3 (Waktu). Sedangkankan konstanta –1,310 menunjukkan pengaruh variabel lain belum terdeteksi dalam penelitian ini.