Vol 6 No 1 (2022): Common
Articles

ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM VIDEO ENDORSEMENT INFLUENCER ARIEF MUHAMMAD DAN TASYA FARASYA DI INSTAGRAM FEEDS

Tifanny Hertantiningsih
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
S. Kunto Adi Wibowo
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Ikhsan Fuady
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran

Diterbitkan 2022-06-30

Cara Mengutip

ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM VIDEO ENDORSEMENT INFLUENCER ARIEF MUHAMMAD DAN TASYA FARASYA DI INSTAGRAM FEEDS. (2022). Jurnal Common, 6(1), 60-72. https://doi.org/10.34010/common.v6i1.7286

Abstrak

Tingginya jumlah pengguna Instagram menyebabkan banyak produsen barang dan jasa memilih untuk mempromosikan produknya melalui jasa endorsement yang dilakukan oleh influencer media sosial. Strategi marketing menggunakan influencer ini dianggap penting karena dapat membantu produsen barang dan jasa untuk menciptakan citra positif produk dari mulut ke mulut serta dapat memenuhi tujuan bisnis antar kedua belah pihak. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing yang digunakan oleh Influencer Arief Muhammad dan Tasya Farasya, serta melakukan komparasi jumlah likes dan comment dalam video endorsement yang diunggah di Instagram Feeds terhadap penggunaan tiga jenis strategi marketing, yaitu boasting of company, discount code, dan use of product, baik secara verbal maupun non verbal. Penelitian ini mengamati sebanyak 57 konten video endorsement yang diperoleh dari perhitungan rumus slovin, serta pengujian hipotesis dilakukan dengan metode analisis isi kuantitatif deskriptif dan statistik inferensial non-parametrik. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengamati unggahan video endorsement influencer terhadap penggunaan strategi marketing di Instagram Feeds yang kemudian dikodekan menggunakan coding book.