PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBERITAAN COVID 19 TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MAHASISWA: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta
Diterbitkan 2022-06-30
Cara Mengutip
Abstrak
Seiring adanya pandemi kini banyak berita yang muncul mengenai Covid-19 yang beredar di media sosial Instagram. Berita tersebut secara tidak langsung mampu membuat seseorang percaya terhadap terjadinya krisis pandemi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif. Populasi ppenelitian ini yaitu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta yang menggunaka media sosial Instagram dengan pengambilan sampel berjumlah 97 responden yang diperoleh dari rumus slovin dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui survei dengan instrumen koesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data regresi linier sederhana antara variabel independen Instagram sebagai media pemberitaan Covid-19 dengan variabel dependen tingkat kepercayaan mahasiswa. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Instagram sebagai media pemberitaan Covid-19 berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepercayaan mahasiswa. Pengaruh Instagram sebagai media pemberitaan Covid-19 terhadap tingkat kepercayaan mahasiswa sebesar 38.6% dengan signifikansi 0,000.
Kata kunci : Media, Berita Covid-19, Instagram, Teori Ketergantungan, Kepercayaan