Vol 5 No 1 (2021): Common
Articles

MOTIF DAN KEPUASAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNJ ANGKATAN 2019 DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGARAM

Tasya Indah Firdausi
Universitas Negeri Jakarta

Diterbitkan 2021-07-05

Cara Mengutip

MOTIF DAN KEPUASAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNJ ANGKATAN 2019 DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGARAM. (2021). Jurnal Common, 5(1), 67-76. https://doi.org/10.34010/common.v5i1.4033

Abstrak

Media sosial memiliki jenis yang beragam dan tentunya memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda-beda. Seseorang menggunakan media sosial tentunya karena ada sesuatu yang dicari (motif), dan setiap orang memiliki motif menggunakan media sosial yang berbeda-beda, dan hal itu dipengaruhi oleh 4 indikator, yaitu, informasi, interaksi sosial, hiburan, dan identitas pribadi. Instagram adalah tempat dimana dapat berbagi foto, video, dan berinteraksi dengan orang lain melalui jejaring online  dengan mudah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 45 sampel dan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner berupa google form. Teknik analisis data yang dilakukan adalah pemberian kode (skala likert), uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS versi 21, dan menghitung rata-rata (mean). Dari hasil yang didapat menunjukkan motif informasi merupakan motif yang paling dicari mahasiswa dalam menggunakan Instagram, kepuasan sosial merupakan kepuasan yang paling tinggi didapatkan mahsiswa dalam menggunakan Instagram. Dan nilai kesenjangan terbesar antara motif dan kepuasan yaitu dari indikator informasi.