Abstract

Penelitian ini berjudul “Proses Public Relations dalam Kegiatan Layanan Kendaraan Konseling Silih Asih Juara (KEKASIH JUARA) oleh Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bandungâ€. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui proses Public Relations dalam pengelolaan Kegiatan Layanan Kendaraan Konseling Silih Asih Juara (KEKASIH JUARA) oleh Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bandung. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa Kegiatan Layanan Kendaraan Konseling Silih Asih Juara (KEKASIH JUARA) tahapan proses Public Relations, yaitu pengumpulan fakta yang dilakukan dengan wawancara langsung dengan pegawai dan diskusi forum. Perencanaan yang dimulai dari menentukan tujuan sampai menentukan anggaran. Pelaksanaan meliputi persiapan kegiatan dan mengontrol berjalannya kegiatan sesuai jadwal acara yang dibuat dan evaluasi mengenai dampak dan hasil yang dirasakan setelah kegiatan, didapatkan dari hasil wawancara peserta dan rekapitulasi data pertiga bulan. Simpulan yang dapat diambil adalah Seksi Promosi sudah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, terbukti dengan lancarnya kegiatan dari pengumpulan fakta hingga evaluasi. Saran dari penulis adalah sebaiknya Seksi Promosi beserta panitia lain meningkatkan koordinasi pengkomunikasian informasi kegiatan agar warga Kota Bandung khususnya dapat lebih mengetahui kegiatan layanan konseling ini.