Abstract

Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini menyebabkan pembelajaran dilakukan menggunakan teknologi secara daring atau blended learning untuk menjamin keselamatan peserta didik dari penularan virus tersebut. Begitu pula yang terjadi di salah satu politeknik di Bandung, Jawa Barat, yakni proses pembelajaran dilakukan dengan metode blended learning di salah satu matakuliah Bahasa Inggris. Proposal Penelitian ini bertujuan untuk mengukur persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran yang secara drastis berubah menjadi secara daring. Desain penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode yang akan dilakukan di dalam penelitian ini menggunakan metode Perceptions Blended Learning Environments Questionnaires (PBLEQ). Langkah-langkah penelitian meliputi akan disebarkannya kuesioner secara daring terhadap 53 mahasiswa di suatu program studi yang mengikuti kelas Bahasa Inggris di semester 2 Tahun Ajaran 2019/2020, yang berisikan 1) pertanyaan tentang demografi siswa, 2) pertanyaan tentang persepsi siswa terhadap perubahan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring, terhadap kontribusi pembelajaran secara daring, dan terhadap tugas secara daring. Kemudian, pertanyaan lebih detail diberikan pada sesi wawancara untuk memberikan validasi terhadap jawaban kuesioner. Diharapkan hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi terhadap Politeknik tersebut, dosen, dan mahasiswa di dalam meningkatkan kualitas materi perkuliahan umumnya dan matakuliah Bahasa Inggris secara daring dalam rangka mendukung perkembangan dan peningkatan kualitas institusi, dosen, dan pembelajaran siswa.