Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berjudul ”Pembelajaran Membaca Menggunakan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIIIB SMPN 7 Cimahi”. Berawal dari temuan hasil pengalaman sebelumnya, bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran membaca materi membaca pemahaman rendah, maka penelitian mencari solusi dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Kegiatan penelitian ini dimulai dengan penyusunan perencanaan dan dilanjutkan melaksanakan tindakan.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,hasilnya sebagai berikut: 1)pada siklus-1 prestasi hasil belajar siswa baru mencapai 63,16% yang dapat mencapai ketuntasan dengan KKM=70,   2)  pada sklus-2 dilakukan perbaikan-perbaikan segala kekurangan yang terjadi pada siklus-1, dari hasil prestasi siswa naik secara signifikan mencapai ketuntasan menjadi 89,47% dengan nilai rata-rata 80.Dengan demikian tindakan sudah dianggap berhasil karena tingkat ketuntasan  KKM siswa sudah di atas 75%. Pada Siklus-1 dilihat dari criteria tentang nilai siswa kategori sangat baik 4,76%, kategori baik 52,38%, kategori cukup 16,67%, kategori kurang 30,95%. Pada siklus-2 siswa yang memperoleh kategori sangat baik 40,48%, kategori baik 47,62%, dan kategori cukup 11,90%. Pada siklus-2 tidak ada siswa yang memperoleh kategori kurang , karena hasilnya sudah mencapai tingkat keberhasilan melebihi 75%, maka tindakan sudah dianggap tercapai.  Dari hasil penelitian ini dengan menggunakan Model Snowball Throwing dalam pembelajaran membaca pemahaman dapat disimpulkan bahwa Model Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam materi membaca pemahaman murid kelas VIIIB SMPN  7 Kota Cimahi.