This is an outdated version published on 2025-05-01. Read the most recent version.

Pendekatan Kelembagaan:Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Meningkatkan Literasi

Authors

  • Neneng Yani Yuningsih Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.34010/q6s43p88

Keywords:

Kelembagaan; Literasi; Kementerian Pendidikan; Kebijakan; Pemerintah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya Pemerintah Indonesuia dalam meningkatkan tingkat literasi dengan menggunakan pendekatan kelembagaan yang berfokus pada dua dimensi yaitu dimensi regulasi dan dimensi tingkat kebijakan. Metode riset menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, wawancara, dan observasi. Penentuan informan dilakukan menggunakan teknik purposive dan snowball. Hasil riset ini menunjukkan bahwa berdasarkan dimensi kelembagaan, Pemerintah Indonesia memiliki regulasi yang mengatur sistem pendidikan nasional, perpustakaan, perbukuan, dan bahasa. Kemudian, memiliki program literasi dalam lingkup sekolah, lingkup masyarakat, dan lingkup keluarga. melakukan upaya berupa penyediaan buku baik luring maupun daring. Berdasarkan dimensi tingkat kebijakan literasi, kebijakan-kebijakan literasi di Indonesia sudah mencapai seluruh tingkat literasi. Namun, sayangnya pada tingkat literasi tertinggi, yaitu epistemic, Indonesia belum mencapai secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandi, M. (1982). Ilmu-Ilmu Kenegaraan Suatu Studi Perbandingan. Bandung: Alumni.

Dewi Utama Faizah. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

DSE/CEOV. (1994). Keys to Life. Professional Development Program for Secondary Subject Teachers. (Melbourne: Department of School Education/Catholic Education of Victoria)

Hamdi, Rahman. (2017). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Antara Pemerintah Kota di Kota Bukittinggi dan Kota Payakumbuh Tahun 2011-2014. Skripsi. Universitas Andalas.

Irianto, P.O & Febrianti L.Y. (2016). Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1 No.1)

Kemendikbud. (2016). Menumbuhkan Gerakan Literasi di Sekolah. Retrieved from Menumbuhkan Gerakan Literasi di Sekolah | Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa - Kemendikdasmen

Miller, John W and Michael M. McKenna. (2016). World Literacy: How Countries Rank and Why It Matters: (New York: Routledge)

OECD. (2001). Literacy Skills for the World of Tomorrow-Further Result from PISA. (Paris: OECD)

Pamudji S. (1985). Perbandingan Pemerintahan. (Binakasara: Jakarta)

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Syafiie, I. K. (2020). Pengantar Ilmu Pemerintahan. Bandung: Refika Aditama.

UNESCO. (2023). 11 February 2023. What You Need to Know About Literacy. Retrieved from Literacy: what you need to know

Wells, G. (1987). Apprenticeship in Literacy. Interchange, 18, (1/2) (Spring/Summer).

Published

2025-05-01

Versions

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pendekatan Kelembagaan:Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Meningkatkan Literasi. (2025). Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 13(1). https://doi.org/10.34010/q6s43p88