Pendekatan Kelembagaan: Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Meningkatkan Literasi
DOI:
https://doi.org/10.34010/q6s43p88Keywords:
Kelembagaan; Literasi; Kementerian Pendidikan; Kebijakan; PemerintahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya Pemerintah Indonesuia dalam meningkatkan tingkat literasi dengan menggunakan pendekatan kelembagaan yang berfokus pada dua dimensi yaitu dimensi regulasi dan dimensi tingkat kebijakan. Metode riset menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, wawancara, dan observasi. Penentuan informan dilakukan menggunakan teknik purposive dan snowball. Hasil riset ini menunjukkan bahwa berdasarkan dimensi kelembagaan, Pemerintah Indonesia memiliki regulasi yang mengatur sistem pendidikan nasional, perpustakaan, perbukuan, dan bahasa. Kemudian, memiliki program literasi dalam lingkup sekolah, lingkup masyarakat, dan lingkup keluarga. melakukan upaya berupa penyediaan buku baik luring maupun daring. Berdasarkan dimensi tingkat kebijakan literasi, kebijakan-kebijakan literasi di Indonesia sudah mencapai seluruh tingkat literasi. Namun, sayangnya pada tingkat literasi tertinggi, yaitu epistemic, Indonesia belum mencapai secara keseluruhan.
Downloads
References
Affandi, M. (1982). Ilmu-Ilmu Kenegaraan Suatu Studi Perbandingan. Bandung: Alumni.
Dewi Utama Faizah. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
DSE/CEOV. (1994). Keys to Life. Professional Development Program for Secondary Subject Teachers. (Melbourne: Department of School Education/Catholic Education of Victoria)
Hamdi, Rahman. (2017). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Antara Pemerintah Kota di Kota Bukittinggi dan Kota Payakumbuh Tahun 2011-2014. Skripsi. Universitas Andalas.
Irianto, P.O & Febrianti L.Y. (2016). Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1 No.1)
Kemendikbud. (2016). Menumbuhkan Gerakan Literasi di Sekolah. Retrieved from Menumbuhkan Gerakan Literasi di Sekolah | Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa - Kemendikdasmen
Miller, John W and Michael M. McKenna. (2016). World Literacy: How Countries Rank and Why It Matters: (New York: Routledge)
OECD. (2001). Literacy Skills for the World of Tomorrow-Further Result from PISA. (Paris: OECD)
Pamudji S. (1985). Perbandingan Pemerintahan. (Binakasara: Jakarta)
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Syafiie, I. K. (2020). Pengantar Ilmu Pemerintahan. Bandung: Refika Aditama.
UNESCO. (2023). 11 February 2023. What You Need to Know About Literacy. Retrieved from Literacy: what you need to know
Wells, G. (1987). Apprenticeship in Literacy. Interchange, 18, (1/2) (Spring/Summer).
Downloads
Published
Versions
- 2025-05-01 (2)
- 2025-05-01 (1)
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under :
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License