Perancangan Mebel Fasilitas Belajar dan Bermain Anak-Anak Pra-Sekolah dengan Metoda Partisipatoris

Main Article Content

Cherry cherry Dharmawan

Abstract

Artikel  ini membahas  proses perancangan fasilitas belajar dan bermain untuk anak-anak pra sekolah dengan metode partisipatori di Taman Kanak-Kanak Al Qur’an (Tkq) Ikhlasunniyah, Bandung. Fasilitas belajar dan bermain berupa sebuah meja belajar dan bermain dalam satu fasilitas untuk ana-anak pra-sekolah.  Permasalahan dari penelitian ini ialah Bagaimana desain fasilitas untuk belajar dan bermain yang murah. Selain itu juga permasalahan lainnya adalah bagaimana bahan-bahan tersebut harus  mempunyai tingkat keamanan dan kesehatan pada . Penelitian ini menggunakan metode partsipatori, bepusat pada pengguna ( Human center design ), yang merupakan sebuah metoda dari pemikiran design thinking. Setiap tahapan harus melibatkan pengguna / user.Hasil akhir dari penilitian ini adalah prototipe sebuah meja belajar dan bermain dengan memanfaatan bahan-bahan bekas dari sisa proyek interior di workshop- workshop di Bandung yang  merupakan terjemahan dari berbagai aktivitas yang dapat melatih motorik halus dari anak-anak pra-sekolah.

Article Details

Section
Articles