Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan analisis dan rancangan dari sistem informasi pembayaran elektronik (e-payment). Perkembangan teknologi informasi  yang sangat cepat menjadi salah satu pertimbangan untuk memberikan kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan sehari – hari,  salah satu contohnya adalah dalam sistem pembayaran. Sistem pembayaran merupakan sebuah mekanisme yang digunakan untuk memindahkan sejumlah dana dari satu pihak ke pihak lain secara efisien. Salah satu contoh penerapan teknologi informasi dalam sistem pembayaran adalah e-Payment.  Sistem ini merupakan alternatif sistem pembayaran yang lebih aman, cepat dan praktis dibandikan sistem pembayaran tradisional. Seperti halnya saat ini di kantin Perguruan Tinggi XYZ, sistem pembayaran yang dilakukan masih bersifat tradisional yaitu menggunakan pembayaran tunai.  Hal tersebut tentunya tidak efisien karena harus menyediakan uang kembalian.  Dari sistem tersebut juga menimbulkan ketidaknyamanan dalam  bertransaksi yaitu akan terjadi antrian dalam bertransaksi, misalnya disetiap transaksi akan ada waktu yang tersita untuk menghitung uang pembayaran, menghitung kembalian,  dan memastikan uang yang diterma adalah uang asli [1].  Model yang digunakan untuk pengembangan  perangkat lunak pada penelitian ini menggunakan model waterfall. Metode analisis yang digunakan untuk pembuatan system ini adalah dengan pendekatan berbasis objek. Hasil dari penelitian ini sudah didapatkan rekomendasi analisisi dan rancangan sistem pembayaran elektronik untuk  kantin  XYZ yang akan memberikan kemudahan, kenyamanan dan efisien dalam  bertransaksi.