Pengaruh Biaya Bahan Baku, dan Biaya Tenaga Kerja Langsung Terhadap Harga Pokok Produksi di PT. Saranacentral Bajatama Tbk
DOI:
https://doi.org/10.34010/jra.v10i1.962Abstract
Hasil penelitian menunjukkan Hasil t hitung Biaya Bahan Baku (X1) sebesar 9.605 sedangkan t tabel = 4.3027. maka nilai t hitung>t tabel. Sementara nilai signifikansi t hitung variabel Biaya Bahan Baku (X1) sebesar 0,011, artinya < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti Biaya Bahan Baku berpengaruh signifikan terhadap Harga Pokok Produksi di PT. Saranacentral Bajatama Tbk. hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Yeni Andriani (2015) yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara Biaya Bahan Baku terhadap Harga Pokok Produksi. Hasil penelitian menunjukkan Hasil t hitung Biaya Tenaga Kerja Langsung (X2) sebesar 5.168 sedangkan t tabel = 4.3027. maka nilai t hitung>t tabel. Sementara nilai signifikansi t hitung variabel Biaya Tenaga Kerja Langsung X2 sebesar 0,035, artinya < 0,05. Nilai t negatif menunjukkan bahwa X2 mempunyai hubungan yang berlawanan arah dengan Y Berdasarkan hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti Biaya Tenaga Kerja Langsung berpengaruh terhadap Harga Pokok Produksi di PT. Saranacentral Bajatama Tbk. hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang di lakukan oleh Winarsih (2016) yang menyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara Biaya Tenaga Kerja Langsung terhadap Harga Pokok Produksi.Hasil penelitian menunjukkan hasil F hitung menunjukkan nilai sebesar 50.059 lebih besar dari F tabel sebesar 19,00 dengan nilai signifikansi sebesar 0,020b < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Biaya Bahan Baku dan Biaya Tenaga Kerja Langsung berpengaruh terhadap Harga Pokok Produksi pada PT. Saranacentral Bajatama Tbk. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang di lakukan Yeni Andriani (2015) yang menyatakan adanya pengaruh antara Biaya Bahan Baku dan Biaya Tenaga Kerja Langsung terhadap Harga Pokok Produksi.
References
Abdul Halim dan Bambang Supomo. 2009. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: BPFE
Ahman, Eeng. 2004. Ekonomi. Bandung: Grafindo Media Pratama
Al. Haryono Jusuf. 2012. Dasar-dasar Akuntansi Jilid 1 Edisi 7. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu YKP
Aliminsyah dan Padji. 2006. Kamus Istilah Keuangan dan Perbankan. Bandung: CV. Yrama Widya
Baldric Siregar dkk. 2013. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
Carter, William K. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi 14. Jakarta: Salemba Empat
Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta
Fredi Rangkuti. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia
Gugup Kismono. 2001. Bisnis Pengantar. Yogyakarta. BPFE
Ghozali, Iman. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Henry Simamora. 2002. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Salemba Empat
Ikatan Akuntan Indonesia. 2012. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: IAI
Ismail Solihin. 2014. Pengantar Bisnis. Jakarta: Erlangga
Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Mulyadi. 2014. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada
Munawir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 4. Yogyakarta: Liberty
Rustami Putu, Kirya I Ketut dan Cipta Wayan. 2014. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Volume Penjualan Terhadap Laba pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 2 Tahun 2014). ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJM/article/download/4305/3329P. (Diakses tanggal 27 Maret 2016)
ejournal.wiraraja.ac.id/index.php/FEB/article/view/62. (Diakses pada tanggal 22 Agustus 2016)
Soemarso, 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Buku 1. Edisi 5. Jakata: Salemba Empat.
Sofyan Syafri Harahap. 2010. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Widnyana Made Juni, Nuridja I Made dan Dunia I Ketut. 2014. Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Laba UD Surya Logam Desa Temukus Tahun 2010-2012. ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/ article/download/1903/1653. (Diakses tanggal 27 Maret 2016)