Abstract

Mewabahnya virus corona pada tahun 2020 telah memporakporandakan perekonomian di Indonesia, membuat usaha kekuatan UMKM kembali diuji. Penurunan omset di sektor non kuliner mencapai 30-35% akibat adanya pembatasan kegiatan yang membuat para pelaku usaha sulit melakukan penjualan secara tatap muka. Munculnya  perkembangan  digital marketing salah satunya marketpleace  dimana pelaku UMKM mulai antusias dalam menggunakan media marketpleace . Penelitain ini bertujuan mengetahui bagaimana implementasi marketpleace  melalui media sosial pada beberapa UMKM di Kota Bandung .. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional, menggunakan data primer yang diperoleh berdasarkan hasil quisinoner, dimana respondennya adalah pelaku UMKM yang berdomisili di Bandung yaitu sebanyak 202 orang.. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis kualitatif serta ditampilkan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian UMKM di Kota Bandung yang telah menggunakan marketpleace  melalui media sosial sebagai sarana untuk memasarkan produknya, mengalami peningkatan volume penjualannya.