Abstract

Koperasi Simpan Pinjam merupakan kegiatan usahanya yang menghimpun dan menyalurkan dana kepada anggotanya dengan bunga yang rendah, dimana tujuan koperasi untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur.


Tujuan dari artikel ini untuk mengetahui berapa Sisa Hasil Usaha yang diperoleh Koperasi Simpan Pinjam selama menjalankan operasionalnya dengan didukung dari jumlah kekayaan yang dimiliki Koperasi baik dalam kekayaan yang  likuid maupun kekayaan yang tidak bergerak serta modal yang diperoleh dari anggota Koperasi Simpan Pinjam.


Dalam artikel ini meode penelitian yang digunakan deskriptif verifikatif dengan unit analisis Koperasi Simpan Pinjam yang ada di Bandung dengan populasi laporan keuangan tahunan dan sampel yang diambil laporan tahun 2016-2019.


Hasil dari penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi koperasi simpan pinjam dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan koperasi agar Sisa Hasil Usahanya terus meningkat dengan kekayaan dan modal yang dimiliki.