Abstract

Salah satu tugas auditor dalam menjalankan profesinya yaitu memberikan informasi yang berguna kepada publik untuk mengambil keputusan. Hal penting yang harus dimiliki dan selalu dipelihara oleh auditor yaitu Independensi. Tujuan dari penelitian ini adalah mencoba untuk mengetahui apakah independensi dipengaruhi oleh biaya audit dan masa kerja audit.


Metode yang digunakan adalah deskriptif dan verivisatif dengan menggunakan Smart PLS 2.0. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Kantor Akuntan Publik di Bandung yang terdaftar di BPK RI. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sampel jenuh yaitu dimana sampel digunakan sebagai penelitian yang sama dengan populasi penelitian yaitu sebanyak 9 KAP dengan jumlah responden sebanyak 18 auditor. Untuk mengetahui independensi akuntan publik mempengaruhi biaya audit dan periode perikatan audit maka dilakukan uji statistik menggunakan analisis korelasi, analisis kuadrat terkecil parsial, dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t.


Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Independensi akuntan publik dipengaruhi oleh Fee Audit (2) Independensi akuntan publik dipengaruhi oleh Audit Tenure pada Kantor Akuntan Publik di Bandung yang terdaftar di BPK RI..