Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu permasalahan adanya informasi akuntansi yang belum berkualitas pada berbagai instansi pemerintahan di Indonesia karena informasi akuntansi berlum akurat, relevan, handal dan belum disajikan tepat waktu. Beberapa referensi menunjukan informasi berkualitas dipengaruhi oleh beberpaa faktor diantaranya adalah faktor pemanfaatan teknologi informasi dan digunakannya sistem informasi keuangan daerah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecocokan model kualitas informasi akuntansi yang dipengaruhi oleh Sistem informasi Akuntansi Keuangan Daerah dan Pemanfaatan Teknologi Informasi serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari variabel yang terkait.


Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif dan verifikatif dengan menggunakan data primer  yang dikumpulkan secara langsung melalui penyebaran kuesioner pada karyawan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintahan Kota Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah 54 karyawan di setiap OPD di Bandung, ukuran sampel minimal sebanyak 40 responden yang ditentukan berdasarkan rule of tumb dengan Teknik simple random sampling.  Analisis data menggunakan (SEM) PLS dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS.


Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Sistem Akuntansi Keuangan Daerah dan Pemanfaatan Teknologi Informasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah pada Organisasi Daerah di Bandung.