Abstract

Model ini dipilih untuk mengestimasi return saham merupakan salah satu yang penting dan perlu dilakukan seorang investor dalam mempertimbangkan risiko dan return dari saham-saham yang dipilih. Model tiga faktor dari Eugene Fama dan Kenneth French pada tahun 1992. Dimana model tersebut menyediakan pilihan dalam mengestimasi return yang terdiri atas variabel beta , size dan book to market equity, serta untuk menganalisis pengaruhnya secara parsial maupun simultan terhadap return saham.


Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan subsektor minyak dan gas bumi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016. Jumlah sampel adalah 8 perusahaan. Pengujian statistik menggunakan analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dengan SPSS 22.0.


Hasil Penelitian menunjukan bahwa secara parsial beta berpengaruh secara signifikan terhadap return saham, size berpengaruh secara signifikan terhadap return saham, book to market equity berpengaruh secara signifikan terhadap return saham dan secara simultan beta, size, book to market equity berpengaruh signifikan terhadap return saham.


Kata KunciReturn Saham, Beta, Size, Book to Market Equity.