Abstract

Teknologi informasi dan kompetensi pengguna adalah faktor yang diperkirakan dapat membantu sistem informasi akuntansi pada perguruan tinggi terakreditasi di Provinsi Riau agar semakin berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi dan kompetensi pengguna terhadap kualitas sistem informasi akuntansi, serta untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi terhadap kualitas informasi akuntansi. Populasi pada penelitian ini adalah perguruan tinggi yang terakreditasi di Provinsi Riau sebanyak 58 perguruan tinggi dengan sampel sebanyak 51 perguruan tinggi. Jumlah kuesioner yang kembali dan dapat diolah sebanyak 76 kuesioner dari 38 perguruan tinggi. Data diolah menggunakan aplikasi SmartPLS v3.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Teknologi informasi berpengaruh terhadap kualitas sistem informasi akuntansi, (2) kompetensi pengguna tidak berpengaruh terhadap kualitas sistem informasi akuntansi, (3) kualitas sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap kualitas informasi akuntansi. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tidak berkualitasnya sistem informasi akuntansi pada perguruan tinggi terakreditasi di provinsi Riau yaitu dengan menerapkan teknologi informasi yang baik.


Kata Kunci: Teknologi Informasi, Kompetensi Pengguna, Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Informasi Akuntansi.