Abstract

Profesi akuntan publik merupakan profesi kepercayaan masyarakat. Pertanyaan tentang kualitas hasil pemeriksaan yang dilakukan akuntan publik oleh masyarakat bertambah besar setelah terjadi beberapa kasus yang berkaitan dengan hasil audit para akuntan publik. Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat, akuntan publik harus meningkatkan dan memperhatikan kualitas hasil pemeriksaan yang dilakukannya. Salah satunya dengan meningkatkan kompetensi dan independensi auditor.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh dari kompetensi dan independensi auditor terhadap kualitas hasil pemeriksaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 90 auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Bandung. metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian explanatori dengan menggunakan pendekatan survey.


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kompetensi dan independensi berpengaruh terhadap kualitas hasil pemeriksaan, oleh karena itu baik auditor maupun Kantor Akuntan Publik (KAP) diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil pemeriksaannya, Untuk meningkatkan kualitas hasil pemeriksaan auditor sebaiknya menambah jam audit sehingga mampu memahami keragaman jenis usaha klien serta memiliki kompetensi yang lebih baik lagi. Selain itu auditor menjaga independensi dengan melakukan rotasi audit sehingga independensi auditor lebih terjaga.