Abstract

Penelitian ini menganalisis gambaran serta Pengaruh Efektivitas Pengendalian Biaya dan Efisiensi Modal Kerja terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Adi Caraka Tirta Containerline).


Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui gambaran masing-masing variabel serta analisis regresi linear berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dua variabel independen terhadap satu variabel dependen yang kemudian dilakukan uji hipotesis t serta uji hipotesis f untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruhnya. Adapun populasi penelitian ini yaitu karyawan PT. Adi Caraka Tirta Containerline sebanyak 62 orang serta sampel diambil dengan menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 38 orang.


Berdasarkan hasil analisis deskripif bahwa Efektivitas Pengendalian Biaya, Efisiensi Modal Kerja dan Pertumbuhan Laba berada pada kategori cukup baik. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis, bahwa secara simultan Efektivitas Pengendalian Biaya dan Efisiensi Modal Kerja berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Laba dengan hasil Koefisien Determinasi sebesar 67,0% dan sisanya sebesar 33,0% merupakan variabel lain yang turut mempengaruhi Pertumbuhan Laba tetapi tidak diteliti. Adapun secara parsial Efektivitas Pengendalian Biaya dan Efisiensi Modal Kerja masing-masing berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Laba.