MODEL IMPLEMENTASI INTERNAL QUALITY ASSURANCE SECARA KOMPREHENSIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN DENGAN PENGUJIAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEM PLS

Authors

  • Siti Kurnia Rahayu Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34010/jra.v10i2.1181

Abstract

Penjaminan mutu pada prinsipnya merupakan suatu proses dalam melakukan penetapan dan pemenuhan standar pengelolaan institusi yang dilakukan secara berkesinambungan sehingga stakeholder memperoleh kepuasan. Standar diperlukan Perguruan Tinggi sebagai acuan dasar dalam rangka mewujudkan visi dan untuk menjalankan misinya. Acuan dasar tersebut antara lain meliputi kriteria dan kriteria minimal dari berbagai aspek yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh implementasi Internal Quality Assurance pada Program Studi terhadap peningkatan kualitas pengajaran. Kuesioner disebarkan kepada 254 responden yaitu mahasiswa Program Studi Akuntansi. Dengan menggunakan analisa jalur SEM PLS disimpulkan bahwa peningkatan kualitas pengajaran dipengaruhi oleh pelaksanaan Internal Quality Assurance secara komprehensif.

References

Cooper, Donald., Schindler, Pamela. 2003. Business Research Method. Eighth Edition.McGraw-Hill/Irwin Education (Asia). International Edition.

Djamarah Syaiful Bahri. 2006. Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

ENQA (European Association for Quality Assurance in Higher Education). 2008. Quality Procedures in the European Higher Education Area and Beyond – Second ENQA Survey, occasional paper 14, Helsinki.

Institutional Management in Higher Education. 2009. Learning our Lesson: Review of Quality Teaching in Higher Education. OECD. Melalui< http://www.oecd.org/edu/imhe/qualityteaching/

Stensaker, B. 2004. The transformation of organizational identities: Interpretations of policies concerning the quality of teaching and learning in Norwegian higher education. Enschede. Center for Higher Education and Policy Studies, CHEPS.

Tilaar, H.A.R. (2006) Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2018-10-01