PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Pada Eastern Promise Restoran dan Bar Di Kota Jakarta Selatan

  • Ida Nuridah Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Pertumbuhan bisnis jasa pelayanan di Indonesia semakin berkembang pesat, tentunya hal ini akan menimbulkan semakin ketatnya persaingan antar bisnis, seperti yang telah terjadi pada bisnis Restoran dan Bar. Bisnis ini sangat ramai di Ibu Kota Jakarta. Menurut informasi dari majalah The Beat Jakarta jumlah Restoran dan Bar di kota Jakarta sebanyak 807, salah satunya di kota Jakarta Selatan-Kemang Raya yaitu Restoran dan Bar pada Eastern Promise yang berlokasi di Kemang Raya No.5 Jakarta Selatan. Berdasarkan hasil survei Eastern Promise memiliki persaingan yang ketat dimana jumlah pesaing saat ini sebanyak 31 Restoran dan Bar area Kemang. Guna untuk menjaga para pelanggan dari pesaing, pihak perusahaan Restoran dan Bar harus berusahan untuk melayani pelanggan dengan baik dan dapat menggunakan kualitas pelayanan sebagai keunggulan perusahaan dihadapan pesaingnya. Kualitas pelayanan ini akan menentukan tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan yang nantinya akan timbul sikap loyal. Bisnis dengan fokus pelanggan juga akan dapat memberikan nilai pelanggan yang besar dan juga dapat memanajemani loyalitas pelanggan dan menghasilkan nilai yang superior bagi pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil kajian mengenai pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Eastern Promise Restoran dan Bar di Kota Jakarta Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, survey dan explanatory dengan dimensi waktu cross sectional. Data ini dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner dengan skala Likert dan teknik purposive sampling terhadap 150 pelanggan dengan system random sampling. Dengan menggunakan Lisrel 8.70 dan SPSS.
Berdasarkan hasil analisis yang didapat melalui tanggapan pelanggan menunjukkan kualitas pelayanan dan nilai pelanggan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai R2 sebesar 0,67, Fhitung sebesar 156,18>Ftabel 3,00. Kualitas pelayanan dan nilai pelanggan memiliki hubungan yang signifikan sebesar 0,76. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan sebesar 0,43 dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,45.

Published
2018-12-01