https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jimm/issue/feedJurnal Ilmiah Magister Managemen2020-11-16T16:32:54+07:00Deden Abdul Wahab Syaronidedenaw@email.unikom.ac.idOpen Journal Systems<p><em><strong>Synopsis</strong></em><br>Jurnal Ilmiah Magister Manajemen (ISSN: <a style="text-decoration: none;" title="ISSN JIMM UNIKOM" href="http://www.issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1516597533&1&&" target="_blank" rel="noopener">2655-4372</a>), merupakan kumpulan dari jurnal, artikel, gagasan, ide, konsep, teori maupun hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan Ilmu Manajemen yang merupakan karya dari para staf pengajar, mahasiswa, di lingkungan Universitas Komputer Indonesia dan Perguruan Tinggi Lainnya. Jurnal ini dapat dijadikan media informasi atau referensi ilmu yang ada kaitannya dengan Ilmu Manajemen.</p> <p> </p>https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jimm/article/view/3758PENGARUH BRAND VALUE DAN SALES REVENUE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Samsung Elektronik Global)2020-11-16T16:32:54+07:00Chitra Adria Karyanichitra.adria@gmail.com<p>Penelitian ini melihat ketatnya persaingan bisnis terutama dalam bidang industri elektronik yang menjadi pemicu bagi Samsung Elektronik Global untuk terus mengembangkan inovasinya. Hal ini dilakukan agar Samsung dapat mengembangkan dan meningkatkan nilai merek dari Samsung itu sendiri serta meningkatkan penjualan produknya, yang pada akhirnya akan memicu peningkatan kinerja perusahaannya, dimana dalam hal ini dilihat dari keuntungan yang didapat oleh perusahaan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode Survey dengan teknik analisis deskriptif. Data didapatkan dari hasil observasi, dokumentasi, serta didukung oleh library research. Populasi pada penelitian ini adalah Samsung Elektronik Global, dengan total sampel sebanyak 11 sampel (data: time series dengan tools EViews 8). Pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sampling acak jenuh. Untuk menganalisis data, digunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, Uji t, dan Uji F. Penelitian ini menyatakan (1) brand value pada Samsung Elektronik Global pada periode 2003-2013 secara keseluruhan mengalami peningkatan. (2) kondisi sales revenue pada Samsung Elektronik Global dari tahun 2003 sampai dengan 2013 mengalami peningkatan. (3) perkembangan kinerja perusahaan pada Samsung Elektronik Global periode 2003-2013 mengalami trend yang sangat fluktuasi. (4) terdapat hubungan yang kuat dan searah secara simultan antara brand value dan sales revenue terhadap kinerja perusahaan Samsung Elektronik Global.</p>2020-06-01T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jimm/article/view/3759PENGARUH PELATIHAN PENGEMBANGAN DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KAB.TIMOR TENGAH SELATAN2020-11-16T16:32:53+07:00DODY FRENDY H SE’Udody_seu@yahoo.com<p>Penelitian ini dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan. Fenomena yang terjadi adalah kurangnya tenaga operasional dalam melakukan pekerjaan baru dan kurangnya ketepatan waktu peneyelesaian pekerjaan. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh kurangnya program pelatihan pengembangan dan Karaktristik Individu yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan.<br>Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan asosiatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan dan UPT Dina Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan yang berjumlah 58 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh atau sensus.<br>Hasil penelitian ini diketahui bahwa pelatihan pengembangan berpengaruh terhadap kinerja pelayanan sebesar 45,9%, sementara karakteristik individu berpengaruh terhadap kinerja pelayanan sebesar 31,1%. Sedangkan pengaruh secara simultan antara pelatihan pengembangan dan karakteristik individu terhadap kinerja pelayanan sebesar 44,7%.</p>2020-06-01T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jimm/article/view/3760Pengaruh Oreintasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada UMKM Pengrajin Anyaman Pandan Rajapolah Tasikmalaya2020-11-16T16:31:51+07:00Pratama Jaka Satria Wibawapratama_jakasatria@hyahoo.com<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh wacana mengenai AFTA 2015. yang menandakan persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis secara global. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keunggulan bersaing UMKM Pengrajin anyaman pandan Rajapolah Tasikmalaya untuk meningkatkan kinerja pemasaran melalui orientasi pasar dan inovasi produk dalam menghadapi persaingan tersebut.<br>Penelitian ini menggunakan data dari 180 unit UMKM Pengrajin anyaman pandan Rajapolah Tasikmalaya sebagai sampelnya yang menjadikan pemilik usaha sebagai responden. Analisis yang digunakan adalah analisa jalur (Path Analysis) dengan bantuan program Lisrel 8.8.<br>Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian fit yang baik dan hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing dengan orientasi sebagai faktor dominan, selanjutnya orientasi pasar, inovasi produk keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai faktor dominan.</p>2020-06-01T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jimm/article/view/3761PERANCANGAN DAN PERENCANAAN BISNIS TAS YANG DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI LAPTOPPER2020-11-16T16:31:50+07:00Rizal Sukmanagararizalsukmanagara@gmail.com<p>Masyarakat seringkali memiliki kebiasaan buruk dalam menggunakan Laptop, yaitu menggunakan Laptop diatas bidang yang tidak rata terutama menggunakan Laptop diatas pangkuan. Padahal, menggunakan laptop diatas pangkuan dapat menyebabkan beberapa masalah yang serius diantaranya kulit terbakar dan menurunkan fertilitas. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka perlu dibuat sebuah produk dan perencanaan bisnis dari tas yang dapat digunakan sebagai alas Laptop (laptopper) dan juga memiliki tingkat mobilitas tinggi sehingga mudah digunakan dan dibawa kemana-mana tanpa mengganggu aktifitas utama. Penelitian ini menggunakan model deskriptif dalam perancangan produk dan bisnis plan dengan konsep flowchart terhadap pemecahan masalah. Berdasarkan pada penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Dalam merancang dan menghasilkan tas yang dapat digunakan sebagai alas laptop (laptopper) yang harus dilakukan yaitu mengetahui kebutuhan konsumen, membuat beberapa alternatif rancangan, menganalisa alternatif rancangan, memilih salah satu alternatif rancangan, dan mempresentasikan hasil produk yang telah dikembangkan agar lebih menarik. Dan perencanaan bisnis dari tas yang dapat digunakan sebagai alas laptop (laptopper) harus menganalisis aspek produk, aspek pemasaran, aspek manajemen dan organisasi, dan aspek finansial.</p>2020-06-01T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jimm/article/view/3762Implementasi Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke di PT. Laksana Kurnia Mandiri Sejati Bandung dan Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Organisasi2020-11-16T16:31:49+07:00Yosep Hernawanyosep.hernawan@yahoo.com<p>Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lima variabel yaitu seiri, seiton, seiso, seiketsu dan shitsuke sebagai variabel independent (X) dan efektivitas organisasi sebagai variabel dependent (Y). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi dan mengetahui sejauh mana faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas organisasi dengan variabel yaitu seiri, seiton, seiso, seiketsu dan shitsuke di PT. Laksana Kurnia Mandiri Bandung.<br>Populasi dalam penelitian ini adalah para operator lantai produksi dan maintenance serta supervisor produksi dan supervisor maintenance. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik sampel Slovin, didapatkan jumlah sampel sebanyak 150 dengan penambahan sampai 200. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis jalur, Uji T dan Uji F dengan tingkat signifikan (α) 5% dan dengan bantuan penggunaan program IBM SPSS 20.<br>Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan selama periode penelitian, hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi seiri, seiton, seiso, seiketsu dan shitsuke belum diterapkan secara optimal walaupun berdasarkan hasil perhitungan statistik seiri, seiton, seiso, seiketsu dan shitsuke mempunyai pengaruh terhadap efektivitas organisasi dengan nilai yang berbeda-beda.</p>2020-06-01T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##