Pengaruh Oreintasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada UMKM Pengrajin Anyaman Pandan Rajapolah Tasikmalaya

  • Pratama Jaka Satria Wibawa Universitas Komputer Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh wacana mengenai AFTA 2015. yang menandakan persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis secara global. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keunggulan bersaing UMKM Pengrajin anyaman pandan Rajapolah Tasikmalaya untuk meningkatkan kinerja pemasaran melalui orientasi pasar dan inovasi produk dalam menghadapi persaingan tersebut.
Penelitian ini menggunakan data dari 180 unit UMKM Pengrajin anyaman pandan Rajapolah Tasikmalaya sebagai sampelnya yang menjadikan pemilik usaha sebagai responden. Analisis yang digunakan adalah analisa jalur (Path Analysis) dengan bantuan program Lisrel 8.8.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian fit yang baik dan hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing dengan orientasi sebagai faktor dominan, selanjutnya orientasi pasar, inovasi produk keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai faktor dominan.

Diterbitkan
2020-06-01