PENGARUH BRAND VALUE DAN SALES REVENUE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Samsung Elektronik Global)

  • Chitra Adria Karyani Universitas Komputer Indonesia

Abstrak

Penelitian ini melihat ketatnya persaingan bisnis terutama dalam bidang industri elektronik yang menjadi pemicu bagi Samsung Elektronik Global untuk terus mengembangkan inovasinya. Hal ini dilakukan agar Samsung dapat mengembangkan dan meningkatkan nilai merek dari Samsung itu sendiri serta meningkatkan penjualan produknya, yang pada akhirnya akan memicu peningkatan kinerja perusahaannya, dimana dalam hal ini dilihat dari keuntungan yang didapat oleh perusahaan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode Survey dengan teknik analisis deskriptif. Data didapatkan dari hasil observasi, dokumentasi, serta didukung oleh library research. Populasi pada penelitian ini adalah Samsung Elektronik Global, dengan total sampel sebanyak 11 sampel (data: time series dengan tools EViews 8). Pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sampling acak jenuh. Untuk menganalisis data, digunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, Uji t, dan Uji F. Penelitian ini menyatakan (1) brand value pada Samsung Elektronik Global pada periode 2003-2013 secara keseluruhan mengalami peningkatan. (2) kondisi sales revenue pada Samsung Elektronik Global dari tahun 2003 sampai dengan 2013 mengalami peningkatan. (3) perkembangan kinerja perusahaan pada Samsung Elektronik Global periode 2003-2013 mengalami trend yang sangat fluktuasi. (4) terdapat hubungan yang kuat dan searah secara simultan antara brand value dan sales revenue terhadap kinerja perusahaan Samsung Elektronik Global.

Diterbitkan
2020-06-01