Author Guidelines

  1. Naskah asli yang belum pernah dipublikasikan di media yang lain.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, menggunakan jenis huruf Times New Roman 12, spasi 1, kolom tunggal, pada kertas A4 dengan margin kiri 3 cm, margin atas 3.5 cm, bawah dan kanan 2.5 cm dan jumlah halaman 8 sampai dengan 15 halaman, dikirim melalui : https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jamika/index
  3. Naskah disusun kedalam struktur sebagai berikut :
  1. Judul ringkas dan jelas, maksimum 12 kata.
  2. Nama penulis, lembaga tempat bekerja, email penulis.
  3. Abstrak, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak maksimal terdiri dari 200 kata berbahasa Indonesia dicetak miring dengan Times New Roman 11 point. Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat masalah yang diteliti. Abstrak meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik penelitian, metode yang dipakai untuk menyelesaikan masalah, tujuan penelitian, dan ringkasan hasil. Abstrak sebaiknya diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat.
  4. [1. Pendahuluan], Pendahuluan menguraikan latar belakang permasalahan yang diselesaikan, isu-isu yang terkait dengan masalah yg diselesaikan, dasar pertimbangan, tujuan penelitian, dan ulasan penelitan yang pernah dilakukan sebelumnya oleh peneliti lain yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Naskah tiap bagian pada tiap paragraf ditulis dengan font Times New Roman ukuran 12 point, dengan spasi 1, dan indentansi tiap paragraf 1 cm. Pada setiap bagian bisa terdiri dari sub bab yang terdapat beberapa paragraf yang dituliskan dengan penomoran angka yang dicetak miring, seperti yang ditunjukkan pada bagian (3) Metode Penelitian. Jumlah halaman minimum 8 halaman dan maksimum 15 halaman ukuran A4 dengan ukuran Margin kiri-atas 3 cm dan kanan-bawah 2.5 cm.
  5. [2. Kajian Pustaka], Kajian pustaka memaparkan teori-teori yang relevansinya tinggi dengan penelitian yang dilakukan, tujuannya untuk menginformasikan mengenai teori-teori yang berkaitan erat dengan penelitian yang dilakukan anda.
  6. [3. Metode Penelitian], Metode penelitian meliputi analisis permasalahan, arsitektur atau rancangan metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Analisis permasalahan mendeskripsikan permasalahan yang ada dan diselesaikan dalam penelitian ini. Rancangan menggambarkan cara penyelesaian masalah dan sebaiknya disajikan dalam bentuk diagram dengan penjelasan yang lengkap. Misalnya diagram pemrosesan data, dari data mentah sampai selesai, diagram rancangan perangkat keras. Sertakan juga waktu dan tempat penelitian.
  7. [4. Hasil dan Pembahasan], Bagian ini berisi hasil-hasil penelitian atau eksperimen dan analisis hasil penelitian atau hasil eksperimen. Hasil penelitian sebaiknya direpresentasikan dalam bentuk yang relevan, misalnya ditampilkan dalam bentuk gambar, grafik, atau tabel. Untuk gambar dapat mengikuti format seperti Gambar 1. Untuk grafik dapat mengikuti format seperti Gambar 2. Sedangkan untuk tabel disajikan dengan format seperti pada Tabel 1. Pembahasan terhadap hasil penelitian dan pengujian yang diperoleh disajikan dalam bentuk uraian teoritik, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

 

Gambar 2. Grafik perbandingan ncncn

Tabel 1. Perbandingan Algoritma A dan Algoritma B

 

    1. [5. Kesimpulan], Kesimpulan harus mengindikasikan secara jelas hasil-hasil yang diperoleh dan kelebihan serta kekurangannya. Kesimpulan berupa paragraf, tidak boleh berbentuk poin-poin, bullet atau numbering.
    2. Ucapan Terima Kasih, bagian ini bersifat opsional. Apabila ada, maka ucapan terima kasih ditujukan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penelitian (misalnya pihak pada proses perizinan, pengumpulan data, dll) ataupun pada institusi yang telah memberi dukungan financial terhadap penelitian anda.
    3. Daftar Pustaka, Pengacuan pustaka dilakukan dengan menuliskan nomor urut pada daftar pustaka dalam kurung siku, misalnya [1], [1,2], [1,2,3]. Pustaka yang dirujuk dalam naskah harus ada dalam Daftar Pustaka dan setiap pustaka dalam Daftar Pustaka harus dirujuk di naskah. Pustaka yang disitasi pertama kali dirujuk pada naskah [1], harus ada pada daftar pustaka no. 1, yg disitasi ke dua, muncul pada daftar pustaka no. 2, begitu seterusnya. Urutan dalam daftar pustaka harus sesuai urut kemunculan sitasi, bukan urut nama belakang. Daftar pustaka hanya memuat pustaka yang benar benar disitasi pada naskah. Komposisi referensi yang digunakan harus terdiri minimum 80% dari referensi primer (jurnal dan prosiding) dan maksimum 20% dari referensi sekunder (buku, laporan, website yang terverifikasi, misalnya: kompas.com, bps.go.id, dll) yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Setiap artikel yang dikirim ke JAMIKA harus memiliki minimal 15 Semua data yang disajikan atau kutipan dalam artikel yang diambil dari artikel penulis lain harus melampirkan sumber referensi. Referensi ditulis menggunakan format system IEEE. Setiap referensi dikutip menggunakan nomor dan disarankan ditempatkan di akhir kalimat. Dianjurkan untuk menggunakan aplikasi perangkat lunak untuk mengelola referensi dan bibliografi, (misalnya: Mendeley).
    4. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut, judul yang sesuai dengan isi tabel atau gambar, dan sumber kutipan (bila relevan) dan harus diacu dalam paragraf. Semua gambar dan tabel yang anda masukkan dalam dokumen harus disesuaikan dengan urutan 1 kolom atau ukuran penuh satu kertas dengan titik (.) , tanpa cetak tebal (Bold), dan harus disertai dengan kalimat yang merujuk ke gambar/tabel tersebut, agar memudahkan reviewer mencermati makna gambar. Contoh: ...... ditunjukkan pada Gambar 1 atau ...... ditunjukkan pada Tabel 1. Jika anda menggunakan Word gunakan Layout Options: In Line with Text untuk membuat posisi gambar mengikuti teks. 

      Gambar 1. Cisco Collaboration Architecture

    5. Rumus/Persamaan Matematika, jika anda menggunakan Word, gunakan persamaan Microsoft Equation Editor atau MathType, ditulis ditengah, dan diberi nomor persamaan mulai dari (1), (2), dst. Tiap persamaan yang muncul harus disertai kalimat yang mengacu ke persamaan tsb. Contoh: ...... ditunjukkan pada persamaan (1).

 

 Silahkan download Author Guidelines disini