PENGEMBANGAN FITUR DITEKSI PLAGIAT OTOMATIS MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN-KARP PADA APLKASI SIMITA DI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

Rauf Fauzan, Myrna Dwi Rahmatya

Abstract


Saat ini program studi Sistem Informasi telah memanfaatkan sistem informasi sebagai penunjang pelayanan skripsi yaitu Sistem Informasi Tugas Akhir dan Skripsi (SIMITA). Sampai saat ini SIMITA sangat membantu dalam pelayanan akademik mengenai pengelolaan data kegiatan skripsi. Salah satu tahapan yang dilakukan yaitu mengenai proses pendaftaran, khususnya pendaftaran prosposal, seminar dan sidang skripsi. Pada proses pendaftaran skripsi melalui SIMITA, mahasiswa melakukan upload data skripsi melalui SIMTA dan data tersebut tersimpan di dalam database SIMITA.
Proses pendaftaran pada aplikasi SIMITA saat ini, belum memiliki fitur untuk melakukan pengecekan terhadap data skripsi yang di upload. Fitur pengecekan yang dimaksud adalah pengecekan terhadap tindakan plagiat yang mungkin terjadi pada saat mahasiswa membuat karya ilmiah. Pada sistem yang sedang berjalan panitia Skripsi/Tugas Akhir melakukan pengecekan terhadap data skripsi mahasiswa dengan cara manual yaitu mengecek satu persatu data skripsi yang tersimpan di dalam database SIMITA dan pengecekan dilakukan dengan cara mengupload ke aplikasi turnitin.
Berdasarkan uraian di atas maka penelitian ini bermaksud penulis ingin membantu mengembangkan SIMITA dengan membangun suatu fitur tambahan yang dapat membantu pihak panita Skripsi/Tugas Akhir dalam melakukan pengecekan tindakan plagiat terhadap data skripsi mahasiswa. Adapun keunggulan dari fitur ini yaitu dapat melakukan pengecekan plagiat secara otomatis dengan mengimplementasikan algoritma Rabin-Karp kedalam database SIMITA. Pengecekan dilakukan dengan menghitung tingkat kemiripan khususnya pada field judul dan abstrak skripsi. Sehingga dapat menghemat waktu dan mencegah tindakan plagiat terjadi pada proses pendaftaran skripsi melalui SIMITA. Metodologi penelitian yang dilakukan mengacu pada model pengembangan sistem prototype yang dikombinasikan dengan tahapan yang ada didalam algoritma Rabin-Karp.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.