PENGELOLAAN INVESTASI TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT

Lisna Sukmawati

Abstract


Peran informasi sebagai salah satu sumber daya strategis suatu organisasi menjadi sangat penting dalam pencapaian visi dan misi organisasi. Salah satu kunci sukses untuk menghasilkan informasi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan seluruh tingkatan manajemen, dibutuhkan pengelolaan sumber daya informasi yang tepat. Pengelolaan sumber daya informasi yang meliputi perencanaan, pengolahan, pemeliharan, dan keterpaduannya dapat digunakan sebagai penyangga investasi teknologi informasi yang merupakan fondasi teknologi yang berkembang.
Pengelolaan investasi Teknologi Informasi diharapkan dapat membantu menekan dan menghemat biaya operasional Teknologi Informasi, dengan cara mengoptimalkan operasional Teknologi Informasi melalui kendali-kendali yang diterapkan pada setiap proses penggunaan sumber daya Teknologi Informasi, dan penanganan resiko-resiko yang berhubungan dengan Teknologi Informasi.
Langkah awal yang dilakukan adalah menganalisis pengelolaan investasi Teknologi Informasi yang digunakan saat ini, dengan mengacu pada Framework COBIT (Control Objectives for Information and related Technology). Temuan yang didapat dari analisis tersebut akan diolah sehingga mencapai tingkat kematangan (maturity level), dengan harapan dapat memberikan gambaran pada pihak manajemen tentang pengelolaan investasi Teknologi Informasi yang sedang berjalan dan bila memungkinkan dapat dilakukan penilaian ulang oleh organisasi secara internal untuk mengetahui kebijakan dan kebutuhan Teknologi Informasi organisasi tersebut.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.