SISTEM INFORMASI MONITORING TOPOLOGI JARINGAN PERANGKAT PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk

  • Marliana Budhiningtias Winanti Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)
  • Faisal Tahir Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)
Keywords: topologi, object oriented programming, prototype

Abstract

Sistem Informasi Monitoring Topologi Jaringan Perangkat adalah salah satu Teknologi Informasi yang dibangundengan tujuan untuk meningkatkan ke efektifan dan ke efisienankinerja dari Divisi Information & System Center PTTELKOM dalam memonitoring data perangkat yang berada di beberapa lokasi di seluruh Indonesia beserta jaringan antar perangkatnya, sehingga dalam memantau status perangkat dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan akurat. Sistem Informasi ini memiliki kemampuan untuk menyimpan file konfigurasi perangkat di setiap wilayah beserta link untuk menuju ke lokasi perangkatnya, menampilkan dan mengelola data lokasi yang telah terintegrasi dengan data historis perangkat dan kontak PIC yang bertugas dalam bentuk map, mengelola data PIC per lokasi, melakukan sharing informasi dan mengelola data gangguan per bulan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan Object Oriented Program (OOP)yang menggunakan alat bantuUnified Modeling Language. Dan menggunakan metode pengembangan system prototype yang bertujuan agar dalam proses perancangan dan hasil akhir aplikasi yang dibuat dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Simulasi sistem yang di analisadan dibangun dapat berfungsi sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai yaitu terciptanya Sistem Informasi Monitoring Topologi Jaringan Perangkat untuk menunjang manajemen yang efektif, efisien serta akan dapat menjawab dan mengatasi permasalahan yang muncul dalam pengolahan topologi jaringan perangkat yang telah berjalan.

References

Abdul Nizam Faisal, Sistem Informasi Geografis Berbasis WEB untuk Penyebaran Fasilitas Umum di Kabupaten Klaten, 2016.

Hanif Al Fatta, Pengukuran Faktor Sistem Informasi, Malang, 2009.

Kursus website surabaya, Pengertian Website, 2012.

Website: https://kursuswebsitesurabaya.wordpress.com/, diakses tanggal 20 Mei 2017.

Oktavia, Konsep Object Oriented Programming (OOP) dalam Pemrograman Visual, Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi, Universitas Sriwijaya, 2010.

Published
2018-04-30
How to Cite
[1]
M. Winanti and F. Tahir, “SISTEM INFORMASI MONITORING TOPOLOGI JARINGAN PERANGKAT PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk”, JAMIKA, vol. 8, no. 1, Apr. 2018.