IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI OPERASIONAL SERTIFIKAT (OPS 2009) PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (OPERATOR) PT. SUCOFINDO (PERSERO) CABANG BANDUNG

Novrini Hasti, Muhammad Ibnu Hamdani

Abstract


Penerapan Sistem Informasi Operasional Sertifikat (OPS 2009) pada bagian Operasional Sertifikat PT. Sucofindo Cabang Bandung dimaksudkan untuk memudahkan pekerjaan karyawan dan lebih mengefisiensikan waktu para karyawan (operator). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : sistem informasi OPS 2009 yang sedang berjalan, tanggapan karyawan atas implementasi sistem informasi OPS 2009, kinerja karyawan (operator) bagian Operasional Sertifikat setelah menggunakan sistem informasi OPS 2009, dan menguji pengaruh Sistem Informasi OPS 2009 terhadap kinerja karyawan (operator).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Metode deskriptif digunakan untuk mengetahui implemetasi sistem dan kinerja karyawan, sedangkan metode verifikatif digunakan untuk mengetahui pengaruh antara sistem informasi dan kinerja karyawan. Selanjutnya untuk mengetahui sistem informasi OPS 2009 yang sedangan berjalan menggunakan pendekatan terstruktur. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 orang sekaligus dijadikan sebagai sampel, dengan demikian disebut sampling jenuh. Metode dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data menggunakan uji korelasi rank Pearson, dengan menggunakan bantuan program SPSS 12.0 for Windows.
Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi sistem informasi OPS 2009 dalam kategori Sangat baik dan kinerja karyawan (operator) juga dalam kategori Sangat baik. Sistem informasi OPS 2009 berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan (operator) PT. Sucofindo Cabang Bandung, dibuktikan dengan hasil perhitungan t-hitung 15,173 > t-tabel 2,042, dengan tingkat pengaruh 66,10% sedangkan sisanya 33,90% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.