ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK E-COMERCE (STUDY KASUS TOKO WALLEN CELL)

Bambang Siswoyo, Dwi Kuntarto

Abstract


Toko Wallen Cell yang terletak di Mall ITC lantai 3 blok C. Toko ini bergerak di bidang penjualan handphone. Promosi barang ditoko Wallen Cell ini hanya lewat cerita melalui mulut ke mulut, mengakibatkan calon pembeli tidak mendapatkan informasi yang lengkap tentang produk yang terdapat di toko Wallen Cell. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem penjualan dan pemasaran yang masih bersifat menunggu konsumen untuk datang ke toko masih kurang efektif. Selain itu ditemukan beberapa masalah lain diantaranya mengenai ruang lingkup penjualan yang masih terbatas di sekitar Bandung. Sekarang ini juga pada toko Wallen Cell belum mempunyai sarana media promosi utama untuk memberikan informasi kepada user, dimana hal ini akan menghambat toko untuk mempromosikan barang.
Aplikasi E-Commerce ini dibangun untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pemodelan aplikasi ini menggunakan metode terstruktur yaitu dengan menggunakan diagram konteks dan Data Flow Diagram (DFD). Sistem ini memiliki beberapa fasilitas untuk member dan admin.Member memiliki fasilitas untuk membeli barang, memilih metode pembayaran (menggunakan paypal atau transfer bank) dan retur barang, sedangkan admin memiliki fasilitas pengolahan data master, pengolahan laporan dan pengolahan data transaksi.
Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukannya pengujian alpha menggunakan black box dan pengujian beta menggunakan kuesioner terhadap aplikasi ini dapat diambil kesimpulan bahwa sistem penjualan online di toko Wallen Cell dapat membantu dalam proses promosi produk secara lengkap dan cepat serta dapat memperluas area pemasaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.