IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN TERPADU DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. JAMSOSTEK (PERSERO) MAJALAYA BANDUNG

  • Dadang Munandar
Keywords: sistem informasi, pelayanan, terpadu, kinerja karyawan

Abstract

PT. Jamsostek merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa (Jaminan Soaial Tenaga Kerja). Pelayanan kepada pelanggan menjadi prioritas utama, sehingga diperlukan suatu mekanisme atau prosedur pelayanan yang prima. Untuk memberikan pelayanan yang prima perlu ditunjang oleh suatu system yang sudah terkomputerisasi dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Sistem Informasi SIPT Online Berdampak Terhadap Kinerja Karyawan PT. JAMSOSTEK (Persero) Majalaya Bandung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Untuk mengetahui implementasi Sistem Informasi Pelayanan Terpadu yang berjalan menggunakan Diagram Konteks (DK) dan Data Flow Diagram (DFD). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Untuk analisis data menggunakan Analisis Korelasi Pearson Product Moment, Uji Regresi, Koefisien Determinasi, dan Uji Z sedangkan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 15.0 For Windows.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Sistem Informasi SIPT Online dapat meningkatkan kinerja karyawan PT. Jamsostek (Persero) Majalaya Bandung, dengan tingkat kepercayaan sebesar 99% dihasilkan tingkat korelasi Sedang dan searah serta signifikan dalam meningkatkan kinerja karyawan. Adapun tingkat kategori untuk tanggapan responden terhadap kualitas Sistem Informasi SIPT Online sebesar 84,79% dinyatakan Sangat Baik dan Tanggapan responden mengenai kinerja karyawan setelah adanya Sistem Informasi SIPT Online dikategorikan Sangat Baik yaitu sebesar
Dalam uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji z, didapatkan nilai Zhitung sebesar 3,75 dan Ztabel sebesar 1,00 untuk α = 1 %, maka dapat diketahui bahwa H0 ada pada daerah penolakan, berarti H1 diterima atau Sistem Informasi SIPT Online Berdampak Terhadap Kinerja Karyawan Di Kantor Cabang PT. Jamsostek (Persero) Majalaya, Bandung.

References

Abdul Kadir. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Andi Offset. Yogyakarta

Andri Kristanto. 2003. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Gava Media. Yogyakarta

Bambang S Sodiedibjo. 2005. Pengantar Metode Penelitian. STIE-STMIK. Bandung

Eddy Soeryanto Soegoto. 2009. Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung. PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia. Jakarta.

Jogiyanto. 2005. Pengenalan Komputer.

Andi Offset. Yogyakarta.

Jonathan Sarwono. 2006. Panduan Cepat Dan Mudah SPSS 14. Andi. Offset. Yogyakarta

Modul Pelayanan Jaminan PT. JAMSOSTEK (Persero). 2004. Sistem Dan Prosedur Pelayanan Terpadu Program JAMSOSTEK.

Modul Pelayanan Jaminan PT. JAMSOSTEK (Persero). 2005. User Manual Aplikasi SIPT

Online.

Moh. Nazir. 2009. Metode Penelitian.

Ghalia Indonesia. Bogor.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tjutju Yuniarsih dan Suwatno. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta. Bandung.

Umi Narimawati. 2007. Riset Manajemen Sumber Daya Manusia Aplikasi & Contoh Perhitunganya. Agung Media. Jakarta.

Umi Narimawati. 2008. Metodologi Penelitian kualitatif dan kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Universitas Komputer Indonesia. Bandung.

Uma Sekaran. 2008. Metode Pengumpulan Bisnis. Prof Dr.Sugiyono. Yogyakarta.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja . RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Published
2018-03-23
How to Cite
[1]
D. Munandar, “IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN TERPADU DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. JAMSOSTEK (PERSERO) MAJALAYA BANDUNG”, JAMIKA, vol. 2, no. 2, Mar. 2018.