SISTEM INFORMASI PENDISTRIBUSIAN BERAS PADA UPGB (UNIT PENGELOLAAN GABAH BERAS) JATISARI KARAWANG

Wahyu Nurjaya WK, Delita Putri Adriyanti

Abstract


UPGB JATISARI Karawang merupakan salah satu perusahaan yang menyelenggarakan pengelolaan usaha industri pangan khususnya perberasan dan di distribusikan ke pasaran umum. Beras di perusahaan ini adalah produksi sendiri. Banyak kelemahan dalam pengolahan data yang sedang berjalan, seperti penyajian data penjualan dan pendistribusian barang menghabiskan waktu yang cukup lama dan terkadang terjadi keterlambatan dalam pencarian data yang mengakibatkan pembuatan laporan yang lambat. Kegunaan dalam penelitian ini adalah untuk memudahkan dalam pengolahan data, mempermudah dan mempersingkat waktu dalam pembuatan laporan-laporan.
Metode yang digunakan selama penelitian adalah meotode penelitian deskritif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara wawanara dan observasi. Metode pendekatan sistem yang digunakan adalah FlowMap, Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD), Kamus Data, Normalisasi, Tabel Relasi, Entity Relationship Diagram (ERD). Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model waterfall. Pembuatan sistem informasi pendistribusian barang ini menggunakan program Netbeans 7.1 dan databasenya menggunakan MySQL.
Dengan diterapkannya sistem informasi pendistribusian barang ini maka diharapkan akan meningkatkan kualitas pengolahan data dan meningkatkan kualitas informasi yang dihasilkan, dan juga dapat mempermudah pihak-pihak dalam pelayanan informasi sehingga memperkecil kesalahan yang mungkin saja terjadi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.