SISTEM INFORMASI REKAPITULASI DAFTAR HADIR MAHASISWA (STUDI KASUS : PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA )

  • Syahrul Mauluddin Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
Keywords: sistem informasi, daftar hadir, model prototipe

Abstract

Kebutuhan terhadap penyajian informasi daftar hadir mahasiswa yang cepat diperlukan oleh program studi manajemen informatika, tetapi pada sistem yang sedang berjalan hal tersebut belum terwujud. Pada sistem yang sedang berjalan, staf sekretariat membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan informasi daftar hadir perkuliahan seorang mahasiswa. Staf sekretariat harus melakukan pencarian data pada daftar hadir mahasiswa yang berupa lembaran kertas yang sebagian tersebar di masing-masing dosen pembina matakuliah. Permasalahan lain adalah sulitnya membuat daftar hadir ujian tengah dan akhir semester dengan ketentuan mahasiswa yang boleh mengikuti ujian tengah atau akhir semester yaitu mahasiswa yang tingkat kehadirannya minimal 80% .
Dalam penelitian ini metode pendekatan yang digunakan yaitu berorientasi objek dengan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model prototipe. Adapun perangkat lunak pendukung yang digunakan untuk membangun aplikasi sistem informasi rekapitulasi daftar hadir mahsiswa ini adalah Borland Delphi 7.0 dan SQL Server 2000.
Hasil akhir dari penelitian ini yakni berupa produk sistem informasi rekapitulasi daftar hadir mahasiswa. Dengan sistem informasi ini diharapkan pencarian data dan pembuatan laporan daftar hadir mahasiswa dapat dilakukan dengan lebih mudah dan waktu yang relatif lebih cepat.

References

Jogiyanto, HM. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI Yogyakarta.

Abdul Kadir. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Budhi Irawan. 2005. Jaringan Komputer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Raymond McLeod, George Schell. 2004. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Indeks.

Al-bahra bin Ladjamudin. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Published
2018-03-23
How to Cite
[1]
S. Mauluddin, “SISTEM INFORMASI REKAPITULASI DAFTAR HADIR MAHASISWA (STUDI KASUS : PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA )”, JAMIKA, vol. 2, no. 2, Mar. 2018.