PERANCANGAN MODEL DIGITAL DASHBOARD HRIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN CBHRM (STUDI KASUS DI PT. DAYA ADICIPTA MUSTIKA)

  • Dani Hamdani
Keywords: CBHRM, dashboard, kompetensi

Abstract

CBHRM adalah salah satu pola pengelolaan sumber daya manusia yang sedang berkembang di Indonesia. Dalam pendekatan ini, kosakata kompetensi menjadi elemen kunci. Setiap pegawai akan dinilai berdasarkan kompetensi yang dimilikinya. Supaya hasil yang dicapai bisa lebih optimal, maka diperlukan sebuah model penyajian laporan/output yang baik. Salah satu solusi yang penulis usulkan adalah dengan menggunakan model digital dashboard. Model dashboard ini dibangun dengan menggunakan kerangka berpikir yang telah disesuaikan dengan siklus hidup model. Studi kasus dilakukan di PT. Daya Adicipta Mustika, dan digital dashboard CBHRM yang dibangun terdiri dari Talent Dashboard, Competencies Gap Dashboard, dan Comparison Dashboard yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.

References

Antariksa, Yodhia. "Mengelola Kinerja dengan Penilaian 360 Degree." strategimanajemen.net. June 20,

http://strategimanajemen.net/2011/06/20/mengelola-kinerja-karyawan-dengan-penilaian-360-degree/ (accessed March20, 2012).

David D. Dubois, William J. Rothwell et al. Competency Based Human Resource Management. USA: Davies-Black Publishing, 2004.

Nils Rasmussen, Claire Y. Chen, Manish Bansal. Business Dashboards : A Visual Catalog for Design and Deployment. New Jersey: John Wileys & Son, 2009.

Lasmahadi, Arbono. Artikel Organisasi Industri e-psikologi.com. 2 December 2002. http://www.e-psikologi.com/epsi/industri.asp (diakses November 2, 2011).

R. Palan, Ph.D. Competency Management. Jakarta: PPM, 2007.

Rivai, Veithzal. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Suwarto. Modul 3 Sistem dan Model Pelatihan Perencanaan Kehutanan Berbasis Penataan Ruang. Forum Kajian Kebijakan Spasial Kehutanan P4W BADAN PLANOLOGI KEHUTANAN, 2006.

Published
2018-03-23
How to Cite
[1]
D. Hamdani, “PERANCANGAN MODEL DIGITAL DASHBOARD HRIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN CBHRM (STUDI KASUS DI PT. DAYA ADICIPTA MUSTIKA)”, JAMIKA, vol. 3, no. 1, Mar. 2018.