STRATEGI MANAGEMENT PENDIDIKAN BERBASIS KOMPUTER STUDI KASUS : UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA

Rauf Fauzan, Hery Dwi Y

Abstract


Tingkat persaingan di dunia pendidkan semakin ketat, dengan melihat pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi tidak menutup kemungkinan berbagai pelaku industry juga memanfaatkan fasilitas tersebut. Dalam persaingan industry banyak model yang dapat dimanfaatkan untuk mengatur strategi suatu organisasi bertahan sampai dalam jangka waktu yang lama.
Analisis strategis yang ada dapat menggunakan beberapa macam model diantara pengaruh dari dalam dan pengaruh dari luar. Untuk mengatasi pengaruh dari luar dapat dianalisa menggunakan menggunakan metode Poter’s five force model, PEST Analysis, Understanding Compettitors and Complementors, Defining the Scope of the Industry, Dynamics of Competition. Adapun perencanaan strategis untuk mengatasi dari pengaruh dalam dapat menggunakan metode Concept of competitive advantage, Analysis SWOT, Resource Capabilities and Core Competence, Resource based View (RBV) of a Firm, Key Success Factors, The Value Chain. Beberapa macam model yang sering digunakan untuk membangun strategi dapat menggunakan metode Poter’s five force model dan Analysis SWOT.
Penerapan model Poter’s five force sebagai analisa lingkungan luar dan analisis SWOT sebagai analisa lingkungan internal pada lingkungan instansi pendidikan UNIKOM. Dengan menerapkan dua model tersebut akan didapatkan suatu strategi yang lebih handal untuk tetap menjadi intansi atau organisasi penyedia jasa pendidikan swasta berbasiskan komputer di Indonesia terutama di kota bandung.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.