SISTEM INFORMASI PENILAIAN UJI KOMPETENSI PADA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA

  • Wahyu Nurjaya WK
  • Sandy Yudha Saputra
Keywords: Uji Kompetensi, Penilaian, Berorientasi Objek

Abstract

Dunia teknologi informasi saat ini berkembang dengan sangat pesat hingga memasuki berbagai kegiatan, aktifitas dan kehidupan manusia. Termasuk salah satunya pada bidang akademik yang sudah dimiliki oleh Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia yaitu SIMITA (Sistem Informasi Skripsi dan TA). Adapun tahapan yang harus dilewati oleh mahasiswa untuk bisa mengambil tugas akhir atau skripsi oleh mahasiswa seperti uji program. Uji program ini dibentuk pada tahun 2006 dimana uji program ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar peminatan atau kompetensi mahasiswa dalam memahami bahasa pemrograman. Namun uji program yang di laksanakan dari tahun ketahun terdapat perbaikan dari pelaksanaan uji program dan sistem penilaiannya. Dengan adanya pengelolaan data administrasi yang baik dan juga sistem penilaian yang objektif akan lebih mudah mengetahui peminatan, atau kompetensi mahasiswa pada bidang bahasa pemrograman sebelum mengambil skripsi atau tugas akhir. Seperti penyusun yang akan buat yaitu Sistem Informasi Penilaian Uji Kompetensi Pada Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.
Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis perancangan sistem informasi berorientasi objek. Sistem informasi ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySql sebagai tempat penyimpanan data. Metode pengembangan sistem yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode prototype. Yang diawali dengan melakukan pengumpulan kebutuhan, perancangan prototype, pembangunan prototype, evaluasi prototype dan perbaikan prototype. Setelah program selesei dibuat, dilanjutkan ke tahap pengujian pada program. Jika pengujian telah dilakukan dan program yang sudah dibuat layak, maka program yang dibuat akan diimplementasikan pada Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia sebagai salah satu alternatif pelaksanaan dan penilaian uji program.
Dengan adanya Sistem Informasi Penilaian Uji Kompetensi yang sudah dikembangkan diharapkan dapat membantu proses administrasi uji program, dan penilaian uji program menjadi lebih tepat, cepat, efektif, dan efisien, sehingga memudahkan Panitia Tugas Akhir dan Skripsi dalam melakukan tugasnya.

References

Munawar. 2005. Pemodelan Visual dengan UML. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Prof. Dr. Ir. Marimin, M.Sc, Ir. Hendri Tanjung, M.M., M.Ag, Haryo Prabowo, S.P., M.M, 2006, Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Grasindo, Jakarta

http://ulfiarahmi.wordpress.com/evaluasi-hasil-belajar/ diakses pada 18 Juni 2013

http://www.referensimakalah.com/2013/02/jenis-jenis-assessment-penilaian.html diakses pada 18 Juni 2013

http://is.unikom.ac.id/?id=1877ff7526f9f2a8c27950da5dd563ea&page=data_hasil_up.html diakses pada 18 Juni 2013

http://www.csulb.edu/divisions/aa/grad_undergrad/senate/committees/assessment/dev/info/what/ diakses pada 18 Juni 2013

Bunafit Nugroho. 2005. Instalasi & Konfigurasi Jaringan Windows dan Linux. Andi. Yogyakarta

http://asligresik.wordpress.com/2012/08/22/ujian-online-sederhana/ diakses pada 19 April 2013

http://id.wikipedia.org/wiki/MySQL diakses pada 18 Juni 2013

http://www.docstoc.com/docs/20597100/Topik-5-Pengujian-Perangkat-Lunak/ diakses pada 18 Juni 2013

Efraim Turbam, R. Kelly Rainner, JR, Richard E. Potter. 2006. Introduction to information technology, 3th ed. Pengantar teknologi informasi, edisi 3. Salemba Infotek. Jakarta.

Wiranto. 2004. Memahami Sistem Informasi. Informatika. Bandung.

Abul Khadir. 2003. Pemrograman web mencakup html. CSS, javascript & PHP. Andi. Yogyakarta

Published
2018-03-23
How to Cite
[1]
W. WK and S. Saputra, “SISTEM INFORMASI PENILAIAN UJI KOMPETENSI PADA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA”, JAMIKA, vol. 3, no. 2, Mar. 2018.