APLIKASI PENDUKUNG KINERJA KARYAWAN DI MITRA DINAMIKA KONSULTAN

Nizar Rabbi Radliya, Erick Hermawan

Abstract


Mitra Dinamika Konsultan, salah satu Konsultan IT yang baru berkembang di Kota Bandung. Karena itu masih banyak sistem intern yang harus dibenahi diantaranya kesibukan masing-masing karyawanya pada saat jam kerja sehingga kurangnya komunikasi antar karyawan dan kurang memperhatikan modul dan informasi yang terkirim melalui e-mail, pengolahan informasi dari Client hanya tertulis di selembaran kertas, sehingga kurang efektif dan efesien Tidak adanya sistem absensi di Mitra Dinamika Konsultan dan perhitungan upah lembur masih dalam format lembar kerja/ worksheet, sehingga informasi perhitungan upah lembur yang tersimpan belum ada perhitungan secara realtime.
Oleh karena itu diperlukannya suatu sistem yang saling terintegrasi untuk memudahkan proses-proses tersebut, maka melalui penelitian ini, penulis merancang suatu sistem dengan menggunakan metode pemodelan berorientasi objek serta dalam pengembangan sistemnya, penulis memilih untuk menggunakan model Prototype. Metode pemodelan dan pengembangan sistem tersebut menciptakan suatu program aplikasi yaitu Aplikasi Pembantu dan Pendukung Kinerja Karyawan di Mitra Dinamika Konsultan.
Dengan diterapkannya program aplikasi tersebut di Mitra Dinamika Konsultan, kinerja karyawan dapat ditingkatkan karena lalu-lintas modul dapat lebih efektif dan efesien, pengolahan informasi Client dapat lebih baik, meningkatkan kedisiplinan karena adanya sistem absensi, dan perhitungan upah lembur dapat dilakukan secara realtime di program aplikasi tersebut. Biarpun program aplikasi tersebut dapat meningkatkan kinerja karyawan, tetapi tetap perlu adanya kontrol yang baik dari atasan, perlunya kesadaran diri dalam hal kedisiplinan dari masing-masing karyawan, dan perlu adanya kerjasama tim yang baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.