SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 CIMAHI

Leonardi Paris Hasugian, Eltri Novianti

Abstract


SMAN 4 Cimahi merupakan Instansi yang bergerak dalam bidang pendidikan. SMAN 4 Cimahi memiliki beberapa kendala dalam proses pengelolaan data sekolah, khususnya untuk menangani masalah akademik, seperti pengelolaan data absensi, proses pembayaran uang sekolah dan proses penilaian.
Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah metode pendekatan sistem dengan pendekatan berorientasi objek. Pendekatan berorientasi objek merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. beberapa alat bantu dalam teknik pengerjaan yang digunakan antara lain, seperti use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, component diagram, dan deployment diagram.
Dan model pengembangan yang digunakan adalah model waterfall. Dimana model waterfall merupakan suatu metode dalam pengembangan sistem yang menggunakan pendekatan untuk membuat sesuatu program dengan cepat dan bertahap sehingga dapat segera dievaluasi oleh pemakai (user).
Sistem informasi akademik dirancang menggunakan bahasa pemograman Netbeans 7.0.1 dan database MySQL. Dengan diterapkannya perancangan sistem informasi di SMAN 4 Cimahi diharapkan dapat mempermudah dalam mengelola seluruh data akademik tanpa harus terjadi redudansi data dan kesalahan dalam mengelola data tersebut. Sehingga kinerja pengelolaan data di Instansi sekolah dapat berjalan dengan cepat dan akurat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.